Implementasi Konsep Three-Con Ki Hajar Dewantara sebagai Upaya Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Era Digital

Authors

  • Choirul Anwar Choirul Anwar UIN Salatiga Author
  • Muhamad Hani Yusuf UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Author

Keywords:

Three-Con , Ki Hajar Dewantara, Pendidikan Karakter, Era Digital

Abstract

Era digital membawa sistem pendidikan karakter menghadapi kesulitan dalam menyeimbangkan aspek kognitif dengan pembentukan moral siswa. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, penguatan karakter siswa menjadi semakin krusial, mengingat data menunjukkan 82% anak usia 5-24 tahun telah menggunakan internet dengan berbagai dampak positif dan negatifnya. Penelitian menggunakan metode studi pustaka dengan analisis konten kualitatif terhadap berbagai sumber literatur terkini (2020-2024). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi konsep Three-con melalui prinsip continuity, convergence, dan concentricity berhasil meningkatkan efektivitas pendidikan karakter sebesar 37% dibandingkan pendekatan konvensional. Temuan penting lainnya adalah munculnya aspek TOM (Tangguh, Optimis, Mandiri) sebagai komponen kunci dalam penguatan karakter siswa, yang diimplementasikan melalui berbagai metode pembelajaran inovatif. Penelitian menyimpulkan bahwa konsep Three-con Ki Hajar Dewantara relevan dan efektif sebagai solusi dalam menghadapi tantangan pendidikan karakter di era digital, dengan keberhasilan implementasi yang bergantung pada kolaborasi aktif seluruh pemangku kepentingan pendidikan.

Downloads

Published

2024-12-05